Biaya membuat paspor – ANTARA News

Biaya membuat paspor adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan ketika seseorang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor merupakan dokumen resmi yang diperlukan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri dan harus diperbaharui setiap beberapa tahun sekali.

Biaya pembuatan paspor dapat bervariasi tergantung dari berbagai faktor, seperti jenis paspor yang dibutuhkan, usia pemohon, dan proses pengurusan paspor. Untuk pemohon dewasa, biaya pembuatan paspor biasanya berkisar antara 355 ribu hingga 655 ribu rupiah, tergantung dari jenis paspor yang dipilih.

Sedangkan untuk pemohon di bawah usia 17 tahun, biaya pembuatan paspor biasanya lebih murah, berkisar antara 155 ribu hingga 355 ribu rupiah. Namun, biaya ini juga dapat berbeda tergantung dari jenis paspor yang dipilih.

Proses pengurusan paspor juga bisa mempengaruhi biaya pembuatannya. Jika seseorang membutuhkan proses pengurusan cepat atau layanan pengiriman paspor ke alamat, biaya tambahan juga akan dikenakan. Namun, biaya tambahan ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemohon.

Selain biaya pembuatan paspor, pemohon juga perlu memperhatikan biaya lain seperti biaya foto, biaya legalisasi dokumen, dan biaya lainnya yang mungkin diperlukan selama proses pengurusan paspor. Oleh karena itu, penting bagi pemohon untuk merencanakan dengan baik dan menghitung semua biaya yang dibutuhkan sebelum memulai proses pengurusan paspor.

Dengan memperhitungkan semua biaya yang dibutuhkan, pemohon akan dapat menghindari kejutan biaya yang tidak terduga dan dapat merencanakan perjalanannya dengan lebih baik. Jadi, sebelum memutuskan untuk membuat paspor, pastikan untuk memperhitungkan semua biaya yang dibutuhkan agar perjalanan Anda berjalan lancar dan tanpa hambatan.