IDAI bagikan 7 kiat orang tua cegah kekerasan seksual pada anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru-baru ini membagikan tujuh kiat bagi orang tua untuk mencegah kekerasan seksual pada anak. Kekerasan seksual adalah salah satu masalah yang sering terjadi di masyarakat dan dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi korban, terutama jika korban adalah anak-anak.

Menurut IDAI, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mencegah kekerasan seksual pada anak-anak. Berikut adalah tujuh kiat yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk melindungi anak-anak dari kekerasan seksual:

1. Berbicaralah dengan anak-anak tentang bagaimana cara mereka bisa melindungi diri mereka sendiri dari orang yang mencoba melakukan kekerasan seksual. Ajarkan mereka untuk selalu berani berbicara dan memberi tahu jika ada yang mencoba melakukan hal yang tidak pantas.

2. Ajarkan anak-anak tentang batasan-batasan fisik yang sehat. Beritahu mereka bahwa tidak boleh ada orang yang menyentuh tubuh mereka secara tidak pantas, dan bahwa mereka memiliki hak untuk menolak jika ada yang mencoba melakukannya.

3. Perhatikan perubahan perilaku anak-anak. Jika anak tiba-tiba menjadi lebih tertutup, cemas, atau takut, bisa jadi itu adalah tanda bahwa mereka mengalami kekerasan seksual. Selalu komunikasikan dengan anak dan berikan dukungan yang mereka butuhkan.

4. Jangan biarkan anak-anak berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal atau yang tidak dipercayai. Selalu pantau aktivitas anak-anak dan pastikan mereka selalu dalam pengawasan orang dewasa yang dipercayai.

5. Beritahu anak-anak tentang bagaimana cara mereka bisa melaporkan kekerasan seksual jika mereka menjadi korban. Ajarkan mereka untuk segera memberitahu orang tua atau guru jika mereka merasa tidak nyaman atau terjadi sesuatu yang tidak pantas.

6. Bentuklah kepercayaan dengan anak-anak. Berikan mereka ruang untuk berbicara dan berbagi pengalaman dengan Anda. Dengan demikian, anak-anak akan merasa lebih nyaman untuk membuka diri jika mereka mengalami masalah.

7. Berikan contoh yang baik kepada anak-anak. Tunjukkan kepada mereka bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, menghormati orang lain, dan menjaga batasan-batasan pribadi. Dengan memberikan contoh yang baik, anak-anak akan belajar untuk melindungi diri mereka sendiri.

Dengan menerapkan tujuh kiat tersebut, diharapkan orang tua dapat membantu mencegah kekerasan seksual pada anak-anak. Kesejahteraan dan perlindungan anak-anak adalah tanggung jawab bersama, dan dengan kerjasama dan perhatian yang baik, kita bisa menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang.